berita Pendidikan

Kepala Disdikpora Kab. Fakfak, Hermanto Hobrouw Mengunjungi Rumah Belajar LAKA di Kampung Sakartemin

Foto: Kepala Disdikpora Kab. Fakfak berpose bersama pengurus Rumah Belajar Laka Kampung Sakartemin dan para peserta didik

Fakfak,  – http://dispora.fakfakkab.go.id Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Fakfak, Hermanto Hobrouw, S.Pd.,M.Pd mengunjungi salah satu Rumah Belajar yang didirikan oleh Komunitas Literasi Anak Kampung (Laka) di kampung Sakartemin Distrik Fakfak Tengah Kabupaten Fakfak pada Kamis (31/03).

“Sebagai Kepala Dinas, saya merasa bangga sekaligus turut prihatin setelah melihat secara langsung anak-anak saya, generasi Mbaham yang ada di rumah belajar ini. Ada beberapa anak yang sudah duduk di bangku SMP belum bisa membaca dan menulis dengan lancar. Ini persoalan serius yang harus diatasi segera oleh kita semua dan tidak hanya pemerintah.” Sambut Hermanto Hobrouw saat diminta menyampaikan tanggapan terhadap kegiatan di rumah belajar yang dikunjunginya.

Pada kesempatan yang sama, Hermanto juga menyampaikan rasa bangganya terhadap adik-adik generasi muda yang bergerak dalam bidang pengembangan literasi yang digagas oleh Komunitas Literasi Anak Kampung (Laka) Kabupaten Fakfak.

“Saya bersyukur karena masih ada orang-orang, generasi millenial yang peduli terhadap pendidikan dengan melakukan aksi nyata seperti ini. Saya ucapkan terima kasih kepada adik Imbron Barawery sebagai pendiri Laka. Aksi nyata yang dilakukan ini sekaligus sudah membantu pemerintah dalam menuntaskan program pembangunan bidang pendidikan di daerah,” tambah Hermanto disela sambutannya.

Dengan tagline Gerakan Fakfak Pintar, Laka Kabupaten Fakfak yang bergerak dalam bidang pengembangan literasi bagi anak-anak usia dini (PAUD), SD, dan SMP saat ini sedikitnya telah mendirikan 10 (sepuluh) Rumah Belajar yang tersebar di 5 (lima) distrik di Kabupaten Fakfak, Papua Barat sejak didirikan pada bulan Juni tahun 2021 silam.

Foto: Pendiri Laka, Imbron Barawery (kiri) saat bertamu dengan Kepala Disdikpora Kab. Fakfak

Imbron Barawery, S.Pd selaku pendiri Laka Kabupaten Fakfak menuturkan bahwa saat ini relawan Laka sudah berjumlah 24 orang dengan basic ilmu pendidikan dari berbagai kalangan, diantaranya para pemuda lulusan sarjana pendidikan, sarjana hukum, sarjana ekonomi, sarjana kesehatan, dan sarjana sosial.

“Laka Kabupaten Fakfak didirikan pada bulan Juni tahun 2021, dan gerakan pertama yang kami lakukan adalah mendirikan rumah berhimpun bagi anak-anak atau yang kami sebut Rumah Belajar. Gerakan yang kami lakukan adalah murni atas dasar kepedulian terhadap generasi, anak-anak di negeri ini. Slogan kami adalah Lihat-Rasa-Aksi yang bagi saya secara pribadi tidak memaksakan siapa pun untuk bergabung dan bekerja, karena di Laka ini kami tidak digaji oleh pihak manapun. Kami hanya ditunjang dengan modal semangat dan peduli.” Ucap Imbron, saat ditemui kontributor http://dispora.fakfakkab.go.id

Imron yang merupakan lulusan sarjana pendidikan dari Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong, yang saat ini juga ditunjuk sebagai ketua Alumni Unimuda Sorong di Fakfak juga menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Fakfak, Bapak Hermanto Hobrouw.

“Mewakili pengurus dan relawan Laka Kabupaten Fakfak serta masyarakat di kampung Sakartemin, saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Kadis Pendidikan karena sudah meluangkan waktu hadir di sini. Ini sebuah penghargaan bagi kami, sekaligus memberikan pesan semangat dan motivasi yang berharga bagi aksi nyata kami,” tutup pendiri Laka Kabupaten Fakfak.

Pada kesempatan itu pula, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda & Olahraga Kabupaten Fakfak, Hermanto Hobrouw menyampaikan bahwa akan menyumbangkan media dan alat belajar berupa papan tulis (white board) dan beberfapa alat tulis kepada setiap rumah belajar yang didirikan oleh Laka Kabupaten Fakfak. Sekaligus berencana akan melakukan kerjasama dengan Laka dalam program Sekolah Adat yang telah dicanangkan dalam Rencana Induk Pengembangan (Renip) Disdikpora Kab. Fakfak 2022-2047.

“Kita sudah punya Perda tentang Penyelenggaraan Pendidikan di daerah. Kedepan saya berencana membangun kerjasama dengan beberapa pihak seperti Laka ini untuk kita bangun Sekolah Adat di Kabupaten Fakfak. Ini amanat undang-undang yang juga sudah dicanangkan di dalam Renip Dinas tahun  2022-2047 yang sudah kita susun. Insyaallah semua bisa kita tindaklanjuti nanti,” tutup Hermanto dalam sambutan singkatnya. (PVN)